Malam minggu, waktu yang tepat untuk bersantai atau berkumpul bersama orang-orang yang kita sayangi. Tetapi hal itu tidak berlaku bagi blogger pemula seperti saya dan rekan saya. Malam minggu itu waktunya untuk hunting tempat-tempat yang asik untuk dikunjungi dan diulas.

Setelah berpikir keras mengenai tempat yang akan kami ulas untuk artikel pertama kami, pilihan akhirnya jatuh pada Bukit Moko, kenapa bukit Moko?

Pemandangan dari Bukit Moko
Pemandangan dari Bukit Moko

Simple aja sih guys, karena kita belum pernah kesana dan pengen ngerasain berada di titik paling tinggi Bandung.. hehehe =D

Bukit Moko dapat Anda tempuh sekitar 30-45 menit, perkiraan waktu ini saya ambil dengan titik awal di Gasibu Bandung. Akses jalan ke bukit Moko sangat mudah diingat, dari Jalan Suci Kamu tinggal lurus saja sekitar 2KM, nah lalu tinggal belok kiri ke Jl. Padasuka.. Biar ga kelewatan, kalo Kamu sudah lihat sign untuk ke Saung Angklung Udjo atau Caringin Tilu (Cartil) Kamu belok kiri disana.

Nah yang bikin malas itu kalo weekend banyak bis lalu lalang untuk ke Saung Angklung Udjo, bisa Kamu bayangin jalan sesempit itu dilalui oleh banyak Bis besar.. Dan sialnya saya dan rekan saya merasakan kemacetan itu , tetapi setelah Kamu melewati Saung Angklung Udjo, jalanan akan kembali lancar.

Jarak dari Saung Angklung Udjo ke puncak bintang atau Bukit Moko ga terlalu jauh dan tidak berbelok-belok, saya cek di speedometer jarak tempuh hanya sekitar 6-7 KM. Namun Kamu harus ekstra hati-hati karena akses jalan yang curam dan makin ke atas jalanannya semakin berbatu.

Sedikit tips nih bagi Kamu yang pengen ke bukit Moko dengan menggunakan motor:

  1. Pastikan kondisi motor Kamu dalam keadaan prima (kalo mogok repot, jarang ada bengkel)
  2. Kalo kamu menggunakan yang tidak terlalu prima, sangat disarankan untuk tidak berboncengan (apalagi kalo teman yang kamu bonceng tidak kurus :p) karena tanjakannya cukup extreme.. Motor matic teman saya aja hampir tidak naek lohh haha..
  3. Pastikan ban motor kamu tidak botak, karena kalo sedang hujan jalanan pasti licin banget sob.. dan Kamu akan melewati beberapa jalan yang kiri kanannya jurang..
  4. Dan pastinya perlengkapan yang kamu pakai harus lengkap, untuk menghindari hal-hal yang ga kita inginkan.
  5. Yang terakhir, pastikan kalo kamu mengisi bahan bakar motor kamu terlebih dahulu.. Soalnya kalo nanjak, bahan bakar Kamu pasti lebih cepat habis dong.

Tipsnya cukup, sekarang kita lanjut lagi..

Nah setelah sekitar 30 menit akhirnya kita sampai di tempat parkir bukit Moko, tempat parkir untuk motor ada 2 sih guys, tapi tempat parkir yang lebih atas itu jalanannya nanjak banget. Jadi saya dan teman saya parkir di parkiran bawah, FYI biaya parkirnya itu Rp. 3000,- per motor.

Setelah parkir, kami akhirnya harus β€œngos-ngosan” berjalan untuk mencapai atas. Di titik teratas kamu dapat masuk ke area Puncak Bintang, area puncak bintang ini dikelilingi oleh hutan pinus yang masih asri dan konon katanya Puncak Bintang itu adalah titik tertinggi di Bandung. Jadi dari sini Kamu bisa melihat pemandangan Bandung 360 derajat. Biaya masuk ke puncak bintang cukup murah, hanya Rp. 8000,- per orangnya.

Selain puncak bintang, ada juga warung yang bergelar warung tertinggi di Bandung.. keren ga tuh?? Warung Daweung namanya, saat masuk Kamu diminta untuk membeli paket makanan seharga Rp. 25.000,-. Bila kamu tidak memesan, kamu bisa masuk dengan biaya Rp. 10.000,- orangnya. Jadi kalo kamu ber 2 atau lebih, mendingan beli aja 1 paket makanan guys, jatohnya lebih murah kan… Itu yang saya dan teman saya lakukan, hehehehe (ketawa jahat) πŸ˜€

IMG_8335

Tapi bener guys, dari warung ini Kamu bisa melihat kota Bandung dan menurut saya menikmati sunset dari warung ini romantis banget guys.. Keren banget..

Romantisme Bukit Moko
Romantisme Bukit Moko

Kebayang kalo kamu sama pacar atau istri, kamu bisa menikmati semangkok Indomie rebus pakai telor setengah mateng, terus minum teh manis hangat sambil suap-suapan gitu… Sehabis makan, pacar atau istri Kamu sandaran di pundak Kamu sambil menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam… So sweet lah pokoknya (Sayang saya datengnya sama temen, sama-sama cowo pula T_T)

Setelah matahari terbenam, saya yakin pemandangan akan lebih keren lagi.. Karena kita bisa melihat Bandung night view dari sini, sayangnya saya dan rekan saya harus pulang.

Nih sedikit oleh-oleh foto dari kita =)

Sunset at Bukit Moko
Sunset at Bukit Moko
Sunset at Bukit Moko
Sunset at Bukit Moko
Saung di Warung Daweung
Saung di Warung Daweung

Gini cara kita ngerasain Bandung, Kalo kamu??

-R.I-